Pusat Bantuan dan Pertanyaan yang Sering Diajukan

PT Asuransi Cigna (Cigna Indonesia) merupakan sebuah perusahaan layanan kesehatan yang membaktikan diri untuk membantu meningkatkan kesehatan, kesejahteraan dan rasa aman. Cigna Indonesia didirikan pada tahun 1990, perusahaan asuransi jiwa yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan merupakan anak perusahaan Cigna Corporation , salah satu perusahaan pelayanan kesehatan terbesar di pasar Amerika Serikat, berkantor pusat di Bloomfield, Connecticut, juga beroperasi secara internasional di 30 negara, dan memiliki sekitar 100 juta nasabah di seluruh dunia yang dilayani oleh kurang lebih 74.000 karyawan.

Cigna Indonesia memiliki izin usaha di bidang asuransi jiwa patungan berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor: Kep-369/KM.13/1990 tertanggal 24 Agustus 1990 juncto Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor: 572/KMK.017/1994 tertanggal 25 November 1994 juncto Surat Menteri Keuangan Nomor S.324/MK.6/2001 tertanggal 22 Mei 2001 juncto Surat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor S-4302/NB.111/2015 tertanggal 13 Agustus 2015.

Cigna menyediakan berbagai produk asuransi yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah yang menawarkan serangkaian produk, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi penyakit kritis, asuransi kecelakaan diri, asuransi gigi, dan asuransi dengan investasi (Unit Link)

Kantor pusat PT. Asuransi Cigna berlokasi di:
PT Asuransi Cigna
Gedung Tempo Pavilion 2
Jl. H. R. Rasuna Said Kav. 10, Jakarta 12950, Indonesia

Untuk Cabang lainnya terdapat di kota Medan & Surabaya
Medan
Gedung Graha Niaga 1
Lt. 3 Jalan Putri Hijau No 20 Medan 20114

Surabaya
Gedung Graha SA Lt. 3
Ruang 305 Jl Raya Gubeng No 19-21 Surabaya 60281

Waktu Pelayanan Cigna
Senin – Jumat: pukul 08.00 – 17.00 WIB (via telepon)
Senin – Jumat: pukul 08.00 – 17.00 WIB (walk-in)

Cigna menyediakan berbagai media sebagai bentuk layanan kepada nasabah seperti:
a. Facebook : Cigna Indonesia
b. Twitter : @Cigna_ID
c. IG : Cigna Indonesia

Cigna juga menyediakan WA untuk komunikasi yg lebih mudah.
Nomor WhatApps Cigna : 0811-9619-500

Untuk perubahan data polis dapat dilakukan dengan mengisi dan melengkapi formulir perubahan data polis beserta fotokopi KTP. Dokumen dapat dikirimkan melalui e-mail ke SIAP@Cigna.com    atau melalui jasa pos/kurir ke alamat kantor pusat Cigna sebagai berikut:

Asuransi Cigna
Gedung Tempo Pavilion 2
Jalan H. R. Rasuna Said Kav. 10
Jakarta Selatan 12950 

Agar dokumen yang Anda kirimkan dapat kami terima dengan baik, seluruh dokumen pengajuan melalui e-mail dapat disatukan dan dikirimkan dengan kapasitas maksimal 4MB.

Untuk pembatalan polis dapat dilakukan dengan mengisi dan melengkapi formulir pembatalan polis beserta fotokopi KTP. Dokumen dapat dikirimkan melalui e-mail ke SIAP@Cigna.com atau melalui jasa pos/kurir ke alamat kantor pusat Cigna sebagai berikut:

Asuransi Cigna
Gedung Tempo Pavilion 2
Jalan H. R. Rasuna Said Kav. 10
Jakarta Selatan 12950

Agar dokumen yang Anda kirimkan dapat kami terima dengan baik, seluruh dokumen pengajuan melalui e-mail dapat disatukan dan dikirimkan dengan kapasitas maksimal 4MB.

 

CIGNA PROLIFE

Untuk pengajuan klaim, Anda dapat mengisi dan melengkapi formulir dan dokumen klaim yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Formulir klaim meninggal dunia yang telah diisi dengan lengkap dan benar;
  2. Fotokopi kartu identitas diri Tertanggung dan Penerima Manfaat (KTP/SIM/Paspor) dan Fotokopi Kartu Keluarga (KK);
  3. Asli atau fotokopi legalisir Surat Kematian dari Pemerintah Daerah Setempat atau Akta Kematian dari Catatan Sipil dan Surat Kematian dari Rumah Sakit (Jika Meninggal Dunia di Rumah Sakit)
  4. Surat keterangan asli dari Kepolisian apabila meninggal dunia karena kecelakaan atau kematian yang tidak wajar;

 

CIGNA PROGUARD

Untuk pengajuan klaim, Anda dapat mengisi dan melengkapi formulir dan dokumen klaim yang dibutuhkan sebagai berikut

Dokumen klaim untuk Manfaat Meninggal Dunia atau Ketidakmampuan Total adalah:

  1. Formulir klaim meninggal dunia atau ketidakmampuan total yang telah diisi dengan lengkap dan benar;
  2. Fotokopi kartu identitas diri dan ahli waris (KTP/SIM/Paspor) dan Fotokopi Kartu Keluarga (KK);
  3. Asli atau fotokopi legalisir Surat Kematian dari Pemerintah Daerah Setempat atau Akta Kematian dari Catatan Sipil danSurat Kematian dari Rumah Sakit (Jika Meninggal Dunia di Rumah Sakit)
  4. Surat keterangan asli dari Kepolisian apabila meninggal dunia karena kecelakaan atau kematian yang tidak wajar.

 

Dokumen klaim untuk Manfaat Biaya Pengobatan (Medex) dan Rawat Inap Rumah Sakit (HIPA) adalah:

  1. Formulir klaim kesehatan yang telah diisi dengan lengkap dan benar
  2. Kuitansi asli/Legalisir atas Biaya Pengobatan.

 

Dokumen dapat dikirimkan melalui email ke SIAP@Cigna.com  atau melalui jasa pos/kurir ke alamat kantor pusat Cigna sebagai berikut:

Asuransi Cigna
Gedung Tempo Pavilion 2
Jalan H. R. Rasuna Said Kav. 10
Jakarta Selatan 12950

Agar dokumen yang Anda kirimkan dapat kami terima dengan baik, seluruh dokumen pengajuan melalui e-mail dapat disatukan dan dikirimkan dengan kapasitas maksimal 4MB.

Pengajuan klaim selambat-lambatnya dilakukan maksimal 30 hari Kalender sejak keluar dari Rumah Sakit atau tanggal kejadian.

Untuk keterlambatan klaim Anda dapat melengkapi dokumen tambahan berupa:

  1. Surat keterangan keterlambatan pengajuan klaim ditanda tangani diatas materai.

Manfaat Asuransi akan dibayarkan oleh penanggung selambat-lambatnya 14 hari kerja sejak pengajuan manfaat asuransi disetujui oleh Penanggung.

Anda dapat menghubungi layanan nasabah pada hari dan jam kerja pelayanan kami.

  • CignaSIAP: 1-500-033
  • Email:        SIAP@Cigna.com 
  • WhatsApp: 08119619500
  • Live Chat:  Cignaku.cigna.co.id

 

Anda juga dapat mengunjungi layanan tatap muka melalui Walk In Center:

JAKARTA

PT Asuransi Cigna
Gedung Tempo Pavilion 2
Jl. HR Rasuna Said, Kav 10
Jakarta 12950

 

MEDAN

Gedung Graha Niaga I lt. 3
Jl. Putri Hijau No. 20 Medan 20114

 

Surabaya

Graha SA, Lantai 3 Ruang 305
Jl. Raya Gubeng No. 19-21.

 

Jam pelayanan Senin-Jumat mulai Pukul 8 pagi hingga 5 sore (kecuali hari libur nasional)

Premi akan didebit 1x diawal pembelian sesuai dengan masa asuransi yang dipilih. Pendebitan premi dapat dilakukan melalui:

  • Tabungan
  • Kartu Kredit
  • Lainnya : Ovo, LinkAja, Doku Wallet, Kredivo, Indomart, Alfamart, Danamon VA, Permata VA, Mandiri VA

Perlindungan Asuransi Cigna Anda akan mulai efektif sejak premi pertama berhasil didebit dari sumber pembayaran yang dipilih.

Anda akan mendapatkan sertifikat polis yang dikirimkan dalam bentuk e-policy ke alamat email yang aktif yang terdaftar.

E-policy akan otomatis terkirim ke alamat email aktif yang terdaftar selambat - lambatnya dalam waktu 10 menit sejak premi pertama berhasil didebit.

Jika Anda tidak menerima e-policy dalam waktu 1x24 jam sejak premi pertama berhasil terdebit, silakan menghubungi kami melalui CignaSIAP di 1500-033 atau melalui email ke SIAP@Cigna.com

Asuransi Cigna Prolife adalah produk asuransi yang memiliki Manfaat Utama Manfaat Meninggal Dunia karena Penyakit atau Kecelakaan dan Manfaat Tambahan Meninggal Dunia karena Kecelakaan.

Produk asuransi Cigna ProLife dikeluarkan dan dijamin oleh PT Asuransi Cigna.

Usia pemegang polis minimal 18 tahun.
Usia masuk tertanggung 1 - 60 tahun.

Anda dapat memilih masa perlindungan Asuransi sesuai kebutuhan Anda dengan pilihan 1 Bulan dan 1 Tahun.

Besaran Premi disesuaikan dengan masa asuransi dan manfaat polis yang dipilih sebagai berikut:

Masa Asuransi 1 Bulan

Manfaat

Usia 0-17

Usia 18-30

Usia 31-40

Usia 41-50

Usia 51-60

Manfaat Meninggal Dunia karena Penyakit atau Kecelakaan

IDR 51,000,000

IDR 46,800,000

IDR 35,700,000

IDR 20,800,000

IDR 6,900,000

Manfaat Tambahan Meninggal Dunia karena Kecelakaan

IDR 5,140,000

IDR 4,680,000

IDR 3,570,000

IDR 2,080,000

IDR 6,900,000

Premi

IDR 50,000

  

Masa Asuransi 1 Tahun

Manfaat

Usia 0-17

Usia 18-30

Usia 31-40

Usia 41-50

Manfaat Meninggal Dunia karena Penyakit atau Kecelakaan

IDR 37,000,000

IDR 33,600,000

IDR 25,700,000

IDR 14,900,000

Manfaat Tambahan Meninggal Dunia karena Kecelakaan

IDR 37,000,000

IDR 33,600,000

IDR 25,700,000

IDR 14,900,000

Premi

IDR 200,000

Tidak ada proses seleksi risiko untuk Produk ini, Cigna ProLife adalah produk Asuransi 100% Guaranteed Acceptance sehingga pengajuannya otomatis akan disetujui.

Masa pembelajaran polis disesuaikan dengan masa Asuransi yang dipilih:

  • Tidak ada masa pembelajaran polis untuk kepesertaan / masa Asuransi 1 bulan
  • 14 Hari Kalender sejak polis diterima untuk kepesertaan / masa Asuransi 1 tahun

Untuk pengecualian manfaat yang menyebabkan tidak mendapatkan benefit dari Cigna ProLife adalah:

  1. Bunuh diri atau usaha sejenisnya, percobaan bunuh diri yang direncanakan baik dalam keadaan sadar atau tidak sadar, atau upaya-upaya melukai diri sendiri yang mengakibatkan meninggalnya Tertanggung
  2. Tertanggung melakukan atau ikut serta dalam tindakan melawan hukum Negara atau tindakan kriminal dimana tindakan tersebut dilakukan oleh Tertanggung;
  3. Terinfeksi oleh Human Immunodeficiency Virus (“HIV”), Acquired Immune Deficiency Syndrome (“AIDS”) atau keadaan lainnya yang secara medis berkaitan dengan infeksi HIV dan/atau AIDS
  4. Semua kondisi kesehatan beserta komplikasinya yang sudah ada sebelum Tanggal Mulai Berlaku Asuransi;

Asuransi Cigna ProGuard adalah produk asuransi kecelakaan yang memiliki manfaat utama berupa Manfaat Meninggal Dunia atau Ketidakmampuan Total karena Kecelakaan dan Manfaat tambahan berupa Biaya Pengobatan karena Kecelakaan serta Manfaat Rawat Inap Rumah Sakit karena Kecelakaan.

Produk asuransi Cigna ProGuard dikeluarkan dan dijamin oleh PT Asuransi Cigna.

Anda dapat membeli melalui Landing Page Cigna dengan klik tautan berikut https://punya.cigna.co.id/cigna-proguard

Usia pemegang polis minimal 18 tahun.
Usia masuk tertanggung 1 - 64 tahun.

Anda dapat memilih masa perlindungan Asuransi sesuai kebutuhan Anda dengan pilihan 1 Minggu, 1 Bulan dan 1 Tahun.

Besaran Premi disesuaikan dengan masa asuransi dan manfaat polis yang dipilih sebagai berikut:

Untuk Masa Asuransi 1 Minggu

Manfaat

Limit Manfaat

Meninggal Dunia karena kecelakan

IDR 25,000,000

Biaya Pengobatan karena kecelakaan 

IDR 200,000

Rawat Inap Rumah Sakit karena kecelakaan

IDR 100,000

Premi usia18-55 tahun

IDR 7,000

Premi usia 56-64 tahun

IDR 11,000

 

Untuk Masa Asuransi 1 Bulan

Manfaat

Limit Manfaat

Meninggal Dunia karena kecelakan

IDR 75,000,000

Biaya Pengobatan karena kecelakaan 

IDR 750,000

Rawat Inap Rumah Sakit karena kecelakaan

IDR 150,000

Premi usia18-55 tahun

IDR 30,000

Premi usia 56-64 tahun

IDR 54,000

 

Untuk Masa Asuransi 1 Tahun

Manfaat

Limit Manfaat

Meninggal Dunia karena kecelakan

IDR 100,000,000

Biaya Pengobatan karena kecelakaan 

IDR 2,500,000

Rawat Inap Rumah Sakit karena kecelakaan

IDR 250,000

Premi usia18-55 tahun

IDR 254,000

Premi usia 56-64 tahun

IDR 428,000

Tidak ada proses seleksi risiko untuk Produk ini, Cigna Proguard adalah produk Asuransi 100% Guaranteed Acceptance sehingga pengajuannya otomatis akan disetujui.

Masa pembelajaran polis disesuaikan dengan masa Asuransi yang dipilih.

  • Tidak ada masa pembelajaran polis untuk kepesertaan/ masa Asuransi 1 Minggu dan 1 Bulan
  • 14 Hari Kalender sejak polis diterima untuk kepesertaan/masa Asuransi 1 tahun

Untuk pengecualian manfaat yang menyebabkan tidak mendapatkan benefit dari Cigna ProGuard adalah:

  1. Bunuh diri atau usaha sejenisnya, percobaan bunuh diri yang direncanakan baik dalam keadaan sadar atau tidak sadar, atau upaya-upaya melukai diri sendiri yang mengakibatkan meninggalnya Tertanggung
  2. Tertanggung melakukan atau ikut serta dalam tindakan melawan hukum Negara atau tindakan kriminal dimana tindakan tersebut dilakukan oleh Tertanggung;
  3. Pekerjaan atau profesi yang beresiko dari Tertanggung, misalnya : militer, polisi, pemadam kebakaran, pertambangan atau pekerjaan/profesi lain dengan resiko tinggi ; atau olahraga/hobi Tertanggung yang mengandung bahaya, misalnya balap mobil, balap sepeda motor, pacuan kuda, terbang layang, mendaki gunung, tinju, gulat, termasuk olahraga atau hobi lain yang juga mengandung bahaya dan beresiko.
  4. Semua kondisi akibat kecelakaan beserta komplikasinya yang sudah ada sebelum Tanggal Berlaku Asuransi.
  5. Perawatan yang dijalani oleh Tertanggung diluar Rumah Sakit atau diluar klinik yang bekerja sama dengan BPJS.